S2PFis-Tim Research Group (RG)  Manajemen dan Inovasi Pembelajaran Fisika (MIPF) Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNS menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Fisika Fase F di MGMP Fisika SMA Kabupaten Sukoharjo pada Kamis (20/7/2023). FGD tersebut merupakan rangkaian agenda dalam rangka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UNS tahun 2023.

Tim RG MIPF teridiri dari dosen dari Prodi S1 dan S2 Pendidikan Fisika yang diketuai oleh Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D dengan anggota Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd., Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si., Dr. Daru Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.. Dr. Elvin Yusliana, M.Pd., Drs. Pujayanto, M.Si., Dra. Rini Budiharti, M.Pd., Ahmad Faui, S.Pd., M.Pd., Shofi Hikmatuz Zahroh, M.Pd., dan Fairusy Fitria haryani, S.Pd., M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukoharjo yang diikuti oleh 40 guru Fisika anggot MGMP Fisika SMA se kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber. Pembicaara pertama yaitu Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D. menyampaikan “Karakteristik Kurikulum Merdeka”, Pembicara kedua Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si., menyampaikan tema “Modul Ajar Kurikulum Merdeka dan Alur Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka”  , dan pembicara ketiga  menyampaikan terkait Asesmen Diagnostik Pada Kurikulum Merdeka” oleh Shofi Hikmatuz Zahroh, M.Pd. Kegiatan ini dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab oleh guru Fisika SMA se Kabupaten Sukoharjo.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu guru Fisika SMA se Kabupaten Sukoharjo diberi tugas untuk membuat Modul Ajar Fase F yang kemudian dilakukan pendampingan oleh dosen Pendidikan Fisika  terkait pembuatan modul ajar tersebut. Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah guru mampu menyusun modul ajar fisika fase F beserta asesmen diagnostik untuk siswa.

Humas S2 Pendidikan Fisika FKIP UNS

Reporter: Dwikie Mahendra Sani

About The Author

: dwimasa97

Comments